JellyPages.com

Kamis, 07 Februari 2013

Pengertian Profesi, Profesional, Profesionalisme, Profesionalisasi, Profesionalitas


A.  Menurut Para Tokoh 
1Pengertian Profesi
Sikun pribadi, menyatakan bahwa : Profesi adalah suatu pernyataan atau suatu janji terbuka, bahwa seseorang akan mengabdikan dirinya kepada suatu jabatan atau pekerjaan dalam arti biasa, karena orang tersebut merasa terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu.

2. Pengertian Profesional
Syafruddin, menyatakan bahwa : Profesional itu menyangkut tiga hal, yaitu bersangkutan dengan profesi, memerlukan kepandaian khusus,  mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukan. 

3. Pengertian Profesionalisme
Syafruddin, menyatakan bahwa : Profesionalisme adalah kondisi, arah, nilai, tujuan, serta kualitas suatu keahlian dan kewenangan yang berkaitan dengan mata pencaharian seseorang. Prefesiolanisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan, dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian.
Suparlan, menyatakan bahwa: Profesionalisme berasal dari kata profesi yang menunjukkan pada suatu pekerjaan atau jabatan yang  menuntut keahlian tanggung jawab dan kesetiaan terhadap pekerjaan itu. Misalnya guru sebagai profesi yang sangat mulia. 

4.  Pengertian Profesionalisasi
Profesionalisasi adalah sutu proses yang menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 

5.  Pengertian Profesionalitas
Surya, menyatakan bahwa : profesionalitas merupakan kemampuan para anggota suatu profesi untuk melaksanakan dan meningkatkan kemampuannya secara terus menerus. 
Profesionalitas guru adalah kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal.

B.  Menurut Pribadi 
      1. Pengertian Profesi  

Dian Pasaribu berpendapat, Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai suatu janji/ ikrar untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

2.      Pengertian Profesional
Dian Pasaribu berpendapat, Profesional adalah sebutan tentang orang yang menyandang suatu profesi dan sebutan tentang penampilan seseorang yang telah memiliki keahlian atau keterampilan yang tinggi dalam melakukan pekerjaan di profesinya.
  
3.      Pengertian Profesionalisme
Dian Pasaribu berpendapat, Profesionalisme adalah komitmen para profesional terhadap profesinya untuk meningkatkan kemampuannya secara terus menerus.
  
4.      Pengertian Profesionalisasi
Dian Pasaribu berpendapat, Profesionalisasi adalah suatu proses yang menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  
5.      Pengertian Profesionalitas
 Dian Pasaribu berpendapat, Profesionalitas adalah sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki untuk dapat melakukan tugas-tugasnya.


1 komentar: