1.
DEFENISI EVALUASI
Menurut :
v I KETUT GEDE
YUDANTARA
Evaluasi merupakan kelanjutan dari suatu rencana kerja yang peranannya
sangat dibutuhkan karena evaluasi merupakan latihan yang memperkaya logika dan
analisa.
v GRONLUND, 1975
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan tujuan atau
membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan - tujuan pengajaran telah dicapai
oleh siswa.
v WRIGHTSTONE
dkk, 1956
Evaluasi ialah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah
tujuan - tujuan atau nilai yang telah ditetapkan.
2.
DEFENISI EVALUASI
PENDIDIKAN/PENGAJARAN
Menurut :
v Edwind
Wandt dan Gerald W. Brown
Evaluasi pendidikan
adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan, sehingga dapat
diketahui mutu atau hasil-hasilnya.
v Erman
(2003:2)
Evaluasi
pengajaran dapat diartikan sebagai penentuan kesesuaian antara tampilan siswa
dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini yang dievaluasi adalah karakteristik
siswa dengan menggunakan suatu tolak ukur tertentu.
v Lembaga
Administrasi Negara
Evaluasi
pendidikan adalah usaha untuk memperoleh informasi berupa umpan balik (feed
back) bagi penyempurnaan pendidikan.
3.
FUNGSI EVALUASI
PENDIDIKAN/PENGAJARAN DALAM PEMBELAJARAN
v Untuk
membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi, baik dalam rangka
menentukan jenis pendidikan, jurusan maupun kenaikan tingkat/kelas.
v Untuk
mengetahui tahap persiapan peserta didik dalam menempuh program pendidikannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar