JellyPages.com

Selasa, 11 September 2012

PENGERTIAN DAN FUNGSI EVALUASI


1.      DEFENISI EVALUASI
Menurut :
v I KETUT GEDE YUDANTARA
Evaluasi merupakan kelanjutan dari suatu rencana kerja yang peranannya sangat dibutuhkan karena evaluasi merupakan latihan yang memperkaya logika dan analisa.

v GRONLUND, 1975
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan tujuan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan - tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.

v WRIGHTSTONE dkk, 1956
Evaluasi ialah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan - tujuan atau nilai yang telah ditetapkan.

2.      DEFENISI EVALUASI PENDIDIKAN/PENGAJARAN
Menurut :
v Edwind Wandt dan Gerald W. Brown
Evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan, sehingga dapat diketahui mutu atau hasil-hasilnya.
v Erman (2003:2)
Evaluasi pengajaran dapat diartikan sebagai penentuan kesesuaian antara tampilan siswa dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini yang dievaluasi adalah karakteristik siswa dengan menggunakan suatu tolak ukur tertentu.

v Lembaga Administrasi Negara
Evaluasi pendidikan adalah usaha untuk memperoleh informasi berupa umpan balik (feed back) bagi penyempurnaan pendidikan.

3.        FUNGSI EVALUASI PENDIDIKAN/PENGAJARAN DALAM PEMBELAJARAN
v Untuk membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi, baik dalam rangka menentukan jenis pendidikan, jurusan maupun kenaikan tingkat/kelas.
v Untuk mengetahui tahap persiapan peserta didik dalam menempuh program pendidikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar